apakah ada perkembangan badan yang terhambat?

Dok, saya mempunyai anak laki-laki berumur 4 th. Bulan Juni ini genap 5 th. Kesehariannya sangat aktif baik motorik kasar dan halus, tp lebih dominan motorik kasar.

Pertanyaan:

A. Berat badan dan tinggi anak saya terhambat (Berat badan 11 kg (bulan April 2018 krn lagi sakit panas), tinggi 92 cm). Sedangkan makan tidak mengalami kesusahan (lauk pauk, sayur bisa dikonsumsi). Apakah ada yang perlu diperhatikan dari sisi gizi atau yang lainnya?
Sebagai info, anak saya pernah punya riwayat flek paru pada usia 2 th, dan sudah diterapi. Sekarang sudah bersih.

B. Untuk rambut anak saya sampai saat ini masih tipis dan merah, apa yang perlu dilakukan untuk menyuburkannya?

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
Untuk seusia anak anda, berat badannya termasuk kurang, berat badan ideal anak umur 5 th adalah sekitar 18 kg. Untuk asupan gizinya sebaiknya berkonsultasi dgn dokter spesialis anak. Yg dpt anda lakukan dgn pola makan yg teratur dan bergizi seperti sayur, buah, ikan, daging, dan aneka menu lainnya yg bervariasi. Hindari jajanan, makanan cepat saji, pengawet. Tanda kurangnya gizi salah satunya adalah rambut berwarna kemerahan, tipis, mudah dicabut. Jika asupan gizi berangsur baik, dan kebutuhan protein tercukupi, maka diharapkan pertumbuhan dan perkembangannya dpt berjalan dgn baik sesuai usia. Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.