Mendadak atau secara tiba-tiba bengong dan memperhatikan bapak-bapak, ibu-ibu, anak kecil, yg merupakan orang asing di sekitar saya

Halo, dok! Saya sejak kecil punya kebiasaan aneh yaitu senang memperhatikan orang-orang di sekitar saya… seperti orang yg bengong. Semakin dewasa, kebiasaan ini semakin mengganggu karena membuat orang lain tidak nyaman dan kadang mengira saya genit. Padahal saya tidak sengaja terlalu fokus memperhatikan orang tsb. Saya kerap menahan diri saya agar hal aneh tsb tidak terjadi, tetapi kadang2 mata dan pikiran saya seperti di luar kontrol dan kembali melakukan hal yg sama. Saya takut dicap aneh oleh orang2..Kira2 bagaimana solusinya ya, Dok, agar keanehan saya tsb benar2 bisa hilang? Apakah ini termasuk salah satu gejala penyakit mental?

1 Jawaban Dokter

selamat siang sobat,
jika tidak melakukan tindakan mengawasi orang tersebut anda merasa gelisah dan menyebabkan gangguan dalam kehidupan anda, maka anda diduga menderita gangguan obsesif kompulsif. sebaiknya anda menanamkan tekad dalam diri anda untuk tidak melakukan kebiasaan tersebut, dan bila dirasa sangat mengganggu, sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kesehatan jiwa agar dapat dilakukan tata laksana lebih lanjut. semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.