1 Jawaban Dokter

Staff 31/03/2018
Public

Halo, batuk yang terjadi sesekali merupakan refleks tubuh normal untuk menjaga dan melindungi saluran napas baik dari benda asing yang terhirup atau dari partikel iritatif lainnya. Namun jika batuk terjadi berulang kali dan disertai gejala lain menandakan bahwa batuk tersebut berkaitan dengan kondisi medis tertentu,  diantaranya adalah influenza atau common cold, alergi atau asma, bronkhiolitis, atau adanya infeksi seperti pneumonia atau tuberculosis.
Bila batuk disertai gejala seperti demam, sesak napas, anak menjadi lesu dan tidak responsif, batuk darah, segera bawa anak ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.
Untuk penanganan di rumah, hindari debu dan asap, jaga ventilasi udara agar lancar, bawa anak berjemur di matahari pagi, dan berikan anak minum air hangat. Anda juga bisa memberikan minyak telon untuk menghangatkan badan anak. Apabila batuk pilek menetap, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.