sakit di ketiak

dok sy wanita usia 27thn sdh punya anak usia 4thn.. mau tanya dok semenjak punya anak setelah menyusui ketiak sebelah kiri sy tiap siklus menstruasi ataupun setelah menstruasi selalu timbul benjolan tp sehabis itu hilang, kemudian tiap menstruasi bulan berikutnya muncul kembali, tp ukurannya tidak berubah hanya segitu2 saja kemudian hilang, dan rasanya sakit seperti ada bisul di ketiak tp dia tdk berwarna kemerahan atau pun ada cairan putihnya, hanya seperti benjolan saja tumbuhnya pun di tempat yg sama, nah sdh beberapa bulan sekitar 5 bulanan yg lalu tidak pernah muncul lagi setiap sy menstruasi,tdk ada rasa sakit juga, tp knp baru menstruasi bulan ini benjolan itu muncul lagi, dengan ukuran dan rasa sakit yg sama, itu knp ya dok?? apa tdk ada masalah?? cuma cukup mengganggu saja apalagi kalo memakai baju yg lengannya agak ketat berasa sakitnya jd tdk nyaman.. terima kasih sebelumnya ya dok..

2 answer

Staff 31/03/2018
Public

Selamat siang sobat,
Benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh kelenjar getah bening ketiak atau kista pada kelenjar payudara.
untuk mengetahui pastinya saya sarankan untuk memeriksakan diri pada dokter bedah agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
perhatikan apakah benjolan tersebut dapat teraba saat tidak nyeri, ada atau tidak perubahan permukaan kulit, dan ada atau tidaknya cairan keluar dari puting susu.
sekian jawaban dari saya semoga membantu

#1

dok benjolan itu saat tidak sakit tidak teraba, hanya teraba saat muncul sakit aja, lama2 mengempis lalu hilang tidak berwarna kemerahan atau ada cairan yg muncul jg,apa ada salep untuk penghilang rasa sakitnya dok?? saat ini sy hanya minum paracetamol aja untuk pereda nyerinya

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.