Sulit tidur karena hidung mampet dan ada gerakan merambat dari kaki ke kepala

Selamat malam dokter,

Saya pria 29 tahun mau tanya tentang kondisi kesehatan saya beberapa bulan ini dok.

Sebenarnya sudah cukup lama saya sering mengalami hidung tersumbat di salah satu sisi khususnya saat hendak tidur.

Sekitar sebulan ini kondisi tersebut terasa semakin berat dan bahkan pergerakan penyumbat lubang hidung sangat terasa mengalirnya. diperparah lagi di tenggorokan seperti ada dahak namun tidak dapat keluar. padahal tidak ada gejala flue maupun batuk.

Terlebih saat rebahan mau tidur malam hari saya merasakan adanya sesuatu yang bergerak dari kaki naik ke kepala (rasanya seperti semut saat jalan di kulit) dan gerakan itu sangat terasa saat sampai di sekitar tengkuk (leher belakang). Setelah melewati leher gerakan tersebut sepertinya terus jalan ke atas dan menuju arah lubang hidung, mata, dan telinga.

Gerakan yang menuju sisi lubang hidung yang tidak mampet seperti ada udara keluar dan sering terdengar suara “pluk”. Sementara gerakan yang menuju telinga dan mata membuat sedikit sakit dan mengganjal.

Apakah ada penyakit dengan gejala-gejala seperti yang saya alami ini dok? dan untuk pemeriksaan awal sebaiknya ke dokter spesialis dalam atau THT dok? Terimakasih atas jawabannya

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Dari cerita sobat, kemungkinan besar sobat mengalami rhinosinusitis. Untuk penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis THT. Dokter spesialis THT akan melakukan pemeriksaan dan memberikan tatalaksana yang terbaik untuk keluhan sobat.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.