bagaimana jika sperma yg dikeluarkan di luar vagina dan di lap oleh daleman saya akan masuk kedalam vagina?

Jd gini dok, kemarin saya berhubungan intim dengan suami saya nah kita sepakat supaya dia(suami) tidak mengeluarkan spermanya di dalam vagina saya alhasil dia mengeluarkan spermanya di luar vagina saya. Namun dia takut jika tidak sengaja ada sperma yg keluar di dalam vagina saya dan dia menyarankan untuk meminum sprite apakah itu aman dok? Dikarenakan kita ingin menunda dl punya momongan. Terimakasi dok, saya harap diajwab se detail mungkin:)

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,

Sprite di sini maksudnya minuman bersoda merk Sprite?

Sejauh ini belum ada makanan ataupun minuman yang dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi (pencegah kehamilan). Apabila sobat ingin menunda kehamilan, dapat berkonsultasi ke dokter atau apotik untuk diberikan resep obat kontrasepsi hormonal (kontrasepsi darurat/emergency contraception). Kontrasepsi emergensi ini memiliki efektivitas yang baik jika digunakan kurang dari 72 jam.

Apabila terjadi kehamilan, mengonsumsi sprite (minuman bersoda) sebenarnya tidak akan mempengaruhi kehamilan jika tidak dikonsumsi berlebihan. Terakhir, kehamilan baru terjadi apabila sperma bertemu dengan ovum. Jadi apabila sperma benar-benar dikeluarkan di luar, seharusnya risiko kehamilan akan sangat kecil. Namun, untuk memastikan tidak hamil, tidak ada salahnya sobat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat kontrasepsi darurat.

Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.