perubahan mood

hai dok saya Fittia 25 tahun, semenjak keluarga saya divorce dan berbagai macam masalah yang saya hadapi dan semakin bertambah usia sya merasa tingkat emosional saya semakin extream. dari mula mood saya yang selalu berubah dari senang hingga sedih saya selalu rasakan walaupun saya sadar keseanangan atau kesedihan saya itu tidak ada sebab akibatnya ( atau selalu flash back kemasa lalu). saya tipe orang yang intovert kepada orang lain, saya lebih menghabiskan waktu dengan mengurung diri di kamar, malas melakukan suatu hal, selalu memiliki pikiran negatif kepada orang lain, merasa tidak di cintai atau dihargai, selalu bermimpi buruk, kadang saya bisa seharian atau berhari hari bermain dengan teman saya tanpa merasa lelah. tapi kenapa ya dok di saat ada sesuatu hal yang sebenarnya itu sepele emosi saya selalu naik , bahkan kadang berargument dengan sahabat tentang hal sepele saya selalu merasa kesal dan ingin marah. tapi jika saya mencoba untuk mengontrol emosi saya , saya selalu merasa tidak tenang, resah, kepala saya sakit yang sangat luar biasa dan saya selalu menangis sendiri , merasakan perasaan yang sangat kecewa, berimajinasi jika saya meninggal mungkin kehidupan saya bisa lebih baik dr sekarang, bahkan kadang saya suka melukai diri saya sendiri.

saya menyadari secara logis dan pikiran normal saya bahwa tingkat emosional saya benar benar bukan emosional yang normal seperti orang lain. apakah saya ODB ? apakah mungkin orang yang selalu menutup diri , memendam suatu masalah sendiri atau bahkan merasakan sakit hati yang luar biasa namun hanya memendap di hati sendiri itu bisa dikatakan ODB ?

Mohon dapat bantuannya ya dok, ini sangat mengganggu aktifitas saya selama berapa tahun ini

1 Jawaban Dokter

Selamat siang sobat,
Dari keluhan anda, kemungkinan gejala yg anda alami adalah depresi, apalagi bila sdh ada keinginan untuk mengakhiri hidup. Dapat dikatakan sebagai depresi berat. ODB atau Orang dengan Bipolar, biasanya terjadi perubahan suasana perasaan tiba2, dari senang, kegembiraan meluap2, yg bs berlangsung dlm bbrp jam, hari, atau minggu, secara eksteim menjadi sedih, menyendiri, tanpa alasan yg jelas. Sangat disarankan anda untuk berkonsultasi kepada dokter kesehatan jiwa, dan sebisa mungkin membuka diri thd orang2 terdekat anda yg anda percayai untuk dpt memperoleh pertolongan lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.