Saya sering mengingat kejadian yang menyedihkan atau berkhayal hal yang menyeramkan secara tiba-tiba.

Assalamualaikum dok. Nama saya Nunu. Saya memiliki keanehan yang ada pada diri saya.
1. Saya tiba-tiba sering mengingat kejadian-kejadian yang menyedihkan di masa lalu dan membuat saya sedih bahkan menangis. Saya pun tidak mengerti kenapa tiba-tiba saya memikirkan hal itu. Hal ini sering terjadi ketika saya selesai melakukan semua aktivitas saya pada malam hari. Dan akhir-akhir ini, mengingat kejadian-kejadian menyedihkan secara tiba-tiba setiap hari terjadi pada saya di malam hari.
2. Selain mengingat hal yang menyedihkan, saya terkadang berkhayal hal yang mengerikan berhubungan dengan luka dan darah. Ini juga terjadi secara tiba-tiba. Hal yang mengerikan seperti dada saya tertusuk pisau, saya ditabrak mobil, dan lainnya. Bahkan hari ini saya berkhayal secara tiba-tiba kalau diri saya memakan silet dengan darah banyak keluar dari mulut saya. Ketika saya mengkhayalkannya, saya seketika merinding dan menggigil. Saya berusaha untuk menghilangkan khayalan itu dan menghilangkannya kadang mudah, kadang juga susah. Jika susah, saya menggeram sembari memegang kepala saya.

Kira-kira apa yang terjadi dengan saya dok? Apa mungkin karena kebiasaan atau karena hal lainnya?

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Apakah sobat memiliki riwayat trauma psikologis mendalam sebelumnya, seperti melihat langsung kejadian dibunuh, dirampok, dsb?
Setiap orang memiliki proses kerja tubuh yang berbeda-beda. Dalam hal ini, bisa saja sobat memiliki gangguan biokimia yang mengatur perasaan dan pikiran. Untuk mengetahui lebih lanjut, ada baiknya sobat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter psikiatri. Dokter psikiatri akan mendengarkan keluhan sobat dan akan memberikan tatalaksana yang terbaik sesuai keluhan sobat.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.