Susah buang air

Mau tanya dok, saya umur 26 tahun, sekarang sedang mengandung 4bulan, kok slma saya hamil saya sering bau mulut, nafas saya bau, kentut juga baunya sangat menyengat dan yg membuat saya takut saya keputihan dengan bau amis, saat saya priksa kedokter dan puskemas ktanya karna hormon saat hamil tp saya kok takut dan ragu. Itu kenapa ya dok ? Soalnya saya syg terganggung dengan baunya dan membuat saya tdk PD. Trmksh

1 Jawaban Dokter

Staff 09/03/2018
Public

Selamat pagi.
Keluhan-keluhan tersebut memang sering dialami oleh ibu hamil karena adanya perubahan hormon. Yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasinya adalah:

  • menyikat gigi secara seksama pada seluruh permukaan gigi setiap habis makan dan sebelum tidur
  • perbanyak minum air putih 10-12 gelas per hari agar mulut tidak kering dan menyebabkan penumpukan bakteri
  • hindari konsumsi makanan berbau menyengat seperti misalnya bawang putih dan bawang bombai
  • memeriksakan kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi untuk memastikan apakah ada kelainan atau tidak yang memperparah bau mulut (ibu hamil lebih rentan mengalami peradangan gigi dan gusi)

Mengenai keputihan, apabila muncul bau amis maka perlu dipastikan apakah ada infeksi atau tidak. Infeksi pada organ reproduksi di saat hamil dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi pula pada janin atau bayi setelah lahir.
Untuk memastikan apakah keputihan yang Ibu alami berbahaya atau tidak, Ibu dapat mencari second opinion dengan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui dan menangani penyebab keputihan yang dialami.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.