gatal dan perih sekitar vagina

sekitar bibir vagina luar sampai dalam terasa gatal dan perih. gatal nya gk berhenti saya takut kalau ini adalah sebuah gejala kanker. semua obat tradisional.sdh saya coba.. tp rasa gatal nya gk berkurang.. mohon bantuan nya dok..

3 answer

Halo sobat,
Rasa gatal dan perih pada vagina tidak hanya disebabkan oleh kanker saja. Paling sering rasa gatal dan perih di vagina disebabkan oleh infeksi. Penyebab infeksi pada vagina dapat bermacam-macam, mulai dari bakteri, jamur, hingga parasit yang tentu saja memerlukan tatalaksana yang berbeda. Sobat dapat memeriksakan diri ke dokter terkait hal ini untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1

Halo sobat,
Sobat dapat mencoba ke dokter umum saja terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan awal untuk menapis kemungkinan penyebab yang ada.
Untuk obatnya tentu saja sangat tergantung dengan penyebab. Infeksi oleh bakteri tidak akan sembuh dengan obat jamur, infeksi oleh jamur tidak akan sembuh dengan antibiotik, dan demikian pula lainnya.
Sebaiknya sobat berkunjung ke dokter untuk mengurangi beban biaya, waktu, dan efek samping pemakaian obat. Sobat dapat mencoba memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat sobat.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.