ejakulasi dini

saya laki-laki berusia 22 tahun, kecenderungan saya pada waktu muda suka onani secara berlebihan dok, kadang dalam seminggu saya onani 4x dan kadang intensitasnya bisa lebih dari 4x dan itu semua ternyata menimbulkan efek yang buruk bagi saya dok, setelah saya menikah hubungan intim dengan istri cenderung kurang harmonis, karena saya terlalu cepat ejakulasi dan durasi ejakulasinya pun sangat singkat sekali dok, cuma 2 menit kurang.saya tidak mau rumah tangga saya hancur dok, apakahpenyakit saya bisa teratasi selamanya dok,

1 Jawaban Dokter

Staff 23/02/2018
Public

Selamat pagi.
Ejakulasi dini didefinisikan sebagai ejakulasi berulang (75-100% dari total bersenggama) dan menetap (lebih dari 6 bulan), yang terjadi saat sebelum ataupun segera setelah penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina), di mana hal itu tidak diinginkan atau penderita tidak mempunyai kontrol terhadap kejadian tersebut.
Penyebab ejakulasi dini beragam mulai dari faktor biologis hingga psikologis. Beberapa teori penyebab ejakulasi dini sendiri masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah dan masih merupakan spekulasi.
Faktor biologis yang menjadi penyebab ejakulasi dini termasuk di antaranya gangguan keseimbangan hormon seks, akibat pemakaian beberapa obat-obatan, hipersensitivitas reseptor serotonin di pusat otak, gangguan refleks ejakulasi serta disfungsi ereksi. Faktor psikologis meliputi frekuensi hubungan seksual, pengalaman masa lalu, ketidakpercayaan diri, kecemasan, serta teknik senggama, ataupun gangguan psikologis lainnya seperti takut ketahuan masturbasi ataupun trauma seksual lain saat remaja.
Faktor lain yang berpengaruh terhadap ejakulasi dini adalah tingkat keintiman dengan pasangan seksualnya. Stres, rasa marah, khawatir, rasa malu, rasa kesal oleh karena gangguan ejakulasi dini dapat merusak keintiman hubungan dengan pasangan dan hal itu akan memperberat ejakulasi dini.
Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ejakulasi dini:

  1. hilangkan rasa cemas sebelum berhubungan seksual
  2. gunakan kondom untuk menurunkan sensitivitas penis terhadap rangsangan
  3. lakukan latihan teknik mulai-berhenti untuk membantu mengontrol ejakulasi. Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan masturbasi di tempat yang tenang dan privat tanpa khawatir adanya gangguan. Lakukan masturbasi hingga titik di mana Anda merasa akan terjadi ejakulasi, lalu berhenti masturbasi. Ulangi hal ini sebanyak tiga kali. Pada masturbasi yang keempat, Anda diperbolehkan untuk ejakulasi.
  4. lakukan latihan Kegel untuk memperkuat otot dinding panggul sehingga dapat memperlambat ejakulasi. Kencangkan otot seperti saat ingin menahan buang angin pada posisi apapun, baik berbaring, duduk, berdiri, maupun berjalan. Tahan kontraksi otot selama 3 detik, lalu lemaskan otot selama 3 detik. Lakukan beberapa kali. Hindari mengencangkan otot perut, paha, atau bokong dan hindari menahan napas. Bernapaslah seperti biasa setiap kali melakukan latihan ini. Ulangi latihan sebanyak 3 kali dalam sehari, dengan melakukan 10 repetisi pada tiap sesi latihan. 

Jika keluhan tidak membaik atau memburuk, berkonsultasilah dengan dokter spesialis andrologi dan seksologi.
Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang ejakulasi dini pada tautan berikut https://www.tanyadok.com/penyakit/ejakulasi-dini/
Semoga informasi ini dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.