2 answer

Staff 23/02/2018
Public

Selamat pagi.
Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanosome dalam melanin (pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut.)
Beberapa faktor risiko terbentuknya flek hitam adalah genetik/keturunan, faktor penuaan usia, paparan sinar matahari, lokasi tempat tinggal di daerah khatulistiwa, penggunaan obat hormonal, dll. Krim wajah atau kosmetik dengan kandungan zat tertentu (misalnya merkuri, asam salisilat, AHA complex, dll) jika digunakan dalam jangka panjang juga memiliki efek samping menyebabkan wajah menjadi lebih rentan menyerap paparan sinar UV.
Untuk mencegah timbulnya flek hitam, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 50 sehari-hari terutama pada wajah dan bagian lain yang tidak tertutup pakaian. Kenakan topi dan kacamata hitam saat hendak bepergian ke daerah yang sinar mataharinya sangat terik.
Untuk menghilangkan flek hitam yang telah terbentuk, terdapat berbagai pilihan terapi seperti laser atau krim berisi obat tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit mengenai hal ini.
Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah:

  • Cuci wajah dengan teratur menggunakan air hangat dan pembersih wajah kemudian bilas dengan air dingin
  • Rutin menggunakan tabir surya
  • Pilih produk pembersih wajah dan make up dengan label non-comedogenic
  • Gunakan produk pengelupasan wajah setiap 2 minggu sekali
  • Batasi makanan tinggi lemak dan gula

Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.