Bagaimana cara mengatasinya

1. Mengapa pasca vakum suka merasakan perih diperut dan pegal dipinggang/kaki ya?
2. Dan knp ketika dibawa rebahan terasa sakit badannya ya?

1 Jawaban Dokter

Staff 20/02/2018
Public

Selamat pagi.
Terdapat beberapa kemungkinan penyebab keluhan yang Anda alami. Kemungkinam pertama adalah keluhan disebabkan oleh masih adanya peregangan otot perut dan punggung yang terjadi sejak kehamilan untuk membantu menahan beban pembesaran rahim dan berat badan bayi.
Kemungkinan kedua adalah keluhan tersebut disebabkan oleh kontraksi rahim yang bertujuan untuk mengembalikan rahim ke ukuran semula seperti saat sebelum hamil dan mengecilkan pembuluh – pembuluh darah pada rahim agar perdarahan masa nifas dapat berhenti pada waktunya (tidak lebih dari 40 hari).

Untuk membantu mengurangi keluhan, kompres hangat pada area yang nyeri, susui bayi dengan posisi tubuh tegak, hindari mengangkat beban berat, hindari hubungan seks sementara waktu setidaknya hingga perdarahan nifas berhenti, dan lakukan kontrol berkala secara rutin dengan dokter spesialis kandungan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Apabila keluhan semakin mengganggu atau disertai keluhan lain seperti misalnya demam, mual, muntah, atau keluhan lainnya, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengevaluasi apakah keluhan disebabkan oleh kemungkinan penyebab lain seperti misalnya infeksi atau pendarahan.
Semoga dapat membantu dan lekas pulih.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.