bagaimana cara mengatasi analk yg susah minum ASI

anak ke 3 sy seorang cewek dan bru berumur 2 bln. dr lahir agak sulit minum ASI sy. apalagi ketika ASI sy lagik banyak2ny keluar pasti anak sy akan langsung berhenti meminum ASI sy dan langsung menangis. mau tidak mau sy hrus membuangny dlu. klo ASI sy sudah kluarny kecil bru dy mau minum ASI sy lg. BB anak sy wktu lahir 3 kg dan sekarang BB 5,5 Kg. apakah ada masalah dengan anak sy dok?
mohon solusinya dan terimakasih sblumny.

1 Jawaban Dokter

Staff 15/02/2018
Public

Selamat siang.
Jika Ibu memperhatikan anak tidak mau menyusu langsung terutama jika aliran ASI sedang deras, Ibu dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut:

  • Pastikan posisi menyusui yang benar yaitu kepala dan tubuh bayi dalam posisi lurus, bayi menghadap ke payudara ibu dengan hidung menempel pada puting payudara, mulut bayi terbuka lebar dengan dagu menyentuh payudara ibu, tubuh ibu dan bayi menempel.
  • Untuk menghindari payudara yang terlalu penuh dengan ASI, berikan ASI langsung pada bayi lebih sering dengan jarak waktu yang lebih singkat antar sesi menyusui
  • Selain itu, Ibu dapat melakukan pemompaan ASI secara teratur apabila anak sudah kenyang dan tidak mau menyusu lagi
  • Sesaat sebelum menyusui, Ibu juga dapat memompa ASI keluar sebagian terlebih dahulu baru kemudian menyusui anak secara langsung agar alirannya tidak terlalu deras dan nyaman bagi anak juga tidak ada ASI yang terbuang

Jika anak tetap rewel setiap kali menyusu apalagi jika menolak menyusu, Ibu perlu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.