mengatasi benjolan di daearh antara mata dan telinga

dokter selamat pagi, sya mau tanya dok
saya mempunyai bayi laki2 usia sekitar 30 hari. sejak 10 hari yang lalu sya baru menyadari bahwa didaerah antara mata kanan dan telinga (pelipis) ada benjolan seperti memar tetapi tidak berwarna (tidak lebam juga tidak merah) warnanya menyerupai warna kulit pada umumnya. jika benjolan ini di pegang bayi saya tidak menunjukkan rasa kesakitan.
seminggu yang lalu saya membawa ke dokter specialis anak, katanya ditunggu/di observasi kalau semakin membesar harus segera dibwa ke rs lagi,
kira2 apa yang harus saya lakukan dokter, dalam kurun waktu seminggu setelah periksa ke dr specialist menurut pantuan kami benjolan tidak membesar….
apakah ini trauma proses persalinan, anak saya lahir melalui opersai caesar krn sungsang dan lilitan tali pusat
atas penjelasaanya saya ucapkan terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 15/02/2018
Public

Selamat pagi.
Benjolan pada area di antara mata dan telinga yang dialami oleh bayi dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti misalnya pembesaran kelenjar getah bening, trauma proses persalinan, atau penyebab lainnya.
Apabila disebabkan oleh trauma proses persalinan, maka biasanya benjolan akan menghilang dengan sendirinya secara perlahan dalam 1-2 bulan.
Akan tetapi jika disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening, maka perlu diketahui penyebabnya apakah anak mengalami suatu infeksi (benjolan akan menghilang setelah infeksi sembuh) atau benjolan tersebut merupakan suatu kelainan bawaan di mana benjolan terdiri dari sel normal kelenjar getah bening dan kulit yang normal namun tumbuh dengan tidak beraturan (benjolan tidak dapat menghilang, dan biasanya dilakukan pembedahan setelah anak cukup usia untuk alasan kosmetik).
Oleh karenanya, sesuai saran dari dokter spesialis anak, lakukan observasi pada benjolan tersebut. Selama nampak tidak mengganggu tumbuh kembang anak, maka tidak perlu dikhawatirkan.
Semoga dapat membantu.

#1
  1. terimaksih atas jawaban nya, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.