Ingin tau ini ada apa

Dok saya mau nanya kenapa ya saya itu kadang kalo bernafas itu kadang seperti ada “ngrok ngrok” gitu, sepertinya dari sebelah paru2 yg kiri (entah di pipanya atau apa dok), tidak kedengeran sih cmn bisa dirasain aja. Tp kalau saya mengganti posisi dan mencoba mengatur nafas itu hilang. Ya tapi kadang ya ada lagi (kadang2) Ini kenapa ya dok?

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
Adakah riwayat penyakit pembengkakan amandel berulang?apakah berat badan anda ideal,  berlebih, atau kurang? Apakah tidur anda mengorok? Adakah riwayat infeksi spt batuk pilek,sesak?
Keluhan spt yg anda alami biasanya dpt terkait dgn riwayat pembesaran amandel (tonsilitis) yg biasanya bersifat kronis sehingga jika demikian dan dirasa sgt mengganggu sebaiknya dikonsultasikan ke dokter dan kemungkinan akan disarankan untuk operasi pengangkatan amandel, keluhan biasanya jg dialami saat tidur yaitu suara mengorok. Kemungkinan lain adalah kegemukan sehingga terjadi sumbatan dan aliran udara pd saluran nafas terganggu. Untuk memastikannya sebaiknya anda konsultasikan ke dokter shg didapatkan penanganan yg sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat.

#1
  1. Saya blm pernah kena amandel dok, tidur jg tidak mengorok. Ya cmn kadang sesak saja kadang kalau bernafas minta aga sedikit dalem(kadang) . Kadang paru2 terasa dingin. Apakan ini ada hubungannya dg paru2 dok?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.