malah kerawat menggunakan sabun muka

saya pria, dulu wajah saya halus dan tidak berjerawat tanpa sabun muka apapun, tapi ketika saya mencoba menggunakan sabun muka mulai banyak jerawat dan saya pikir itu masa adaptasi. tapi setelah 2 minggu saya malah makin jerawatan, akhirnya saya tinggal kan sabun muka dan tidak bersabun muka lg jerawat berkurang tapi muka menjadi kusam akhirnya sampai skrg saya menggunakan sabun muka. sudah banyak saya gunakan sabun muka yg berbeda untuk mencari apa yg cocok buat saya, tapi tidak ada satu pun yg cocok dan semakin berjerawat. alhasil, saya jerawatan hehe bagaimana solusi nya? jika saya meninggalkan sabun muka maka akan terlihat kusam, dan apa yg harus saya hindarin agar wajah saya tidak jerawatan dan mulus kembali seperti awal. terimakasihh

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Hal pertama yang Sobat harus lakukan adalah Stop penggunaan sabun muka yang biasa Sobat gunakan untuk membersihkan Wajah. Kemudian untuk menetralisir kondisi Wajah, jerawat yang sudah ada perlu disembuhkan terlebih dahulu. Ada batuknya Sobat ke Dokter Kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan secara visual untuk menentukan derajat keparahan dari jerawat Sobat.
Setelah jerawat teratasi, baru nanti dievaluasi kembali penggunaan produk pembersih muka yang cocok untuk Kulit Wajah Sobat. Untuk sementara hindari makan makanan yang memicu terjadinya jerawat seperti minyak, kacang, keju dan sebagainya serta hindari menyentuh Wajah dengan tangan yang kotor.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.