saya mau tanya kalau misal hasil CT Scan di kepala ibu saya menyatakan ada pendarahan sebesar 1,6 x 2,41 dan infark di ganglia basal apakah ada resiko lebih parah atau ada kesempatan sembuh dok? Dan apa saja saran dokter agar ibu membaik dan sembuh

siang dok, ibu saya bulan lalu dirawat selama 12 hari di RSU kota kami. Jadi ceritanya sebelum di bawa ke RSUD, ibu saya mengeluhkan tangan dan kaki bagian kanan kesemutan dan lemah. Beberapa saat kemudian ibu hampir jatuh di kamar mandi, untungnya ibu senderan ke tembok jadi tidak menggeludak tergeletak. Besok harinya kami bawa ke puskesmas, dan dirujuk ke dokter saraf RSUD. di RSUD ibu diperiksa dokter saraf dan langsung diarahkan untuk masuk IGD. Sore harinya ibu ditempatkan di kamar untuk mendapatkan perawatan rs. Beberapa hari kemudian ibu di CT Scan dan hasilnya adalah ada pendarahan kecil di otak dan infark di ganglia basal.

Pertanyaan saya adalah apakah pendarahan di otak tersebut bisa sembuh atau ada resiko memburuk dok? Saat ini ibu sudah bisa beraktifitas namun badannya suka terasa lemas. Tekanan darah pun terakhir rendah karena efek obat.

Mohon tanggapan dokter. Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Banyak pasien yang mengalami perdarahan di otak dapat berlangsung bertahan hidup. Namun tingkat kelangsungan hidup dapat menurun jika perdarahannya terjadi pada beberapa bagian otak tertentu atau jika perdarahan otak awal sangat besar dan luas. Bila pasca perdarahan otak, memiliki gejala sisa perlu dilakukan rehabilitasi dan terapi. Selain itu, perlu dilakukan mengkontrol faktor-faktor resiko yang dapat memicu perdarahan otak di masa mendatang.
Rutin kontrol dan berkonsultasi ke Dokter untuk pemeriksaan dan arahan lebih lanjut.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.