Tubuh sering gemetar dan berkeringat berlebihan

Halo dok,
Saya pria berumur 20 tahun, tubuh saya mudah gemetaran dan juga sangat sensitif terhadap panas, keringat saya tergolong sangat banyak dan mudah sekali keluar ketika suhu hanya sedikit panas dan apalagi ketika memakan makanan pedas.. dan juga tubuh saya (kaki, tangan, bibir) seringkali gemetaran ketika melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat, dan juga misalnya ketika wawancara ataupun semacamnya, tubuh saya seringkali gemetaran, padahal saya tidak terlalu gugup. Untuk tambahan saya bukan perokok maupun peminum alkohol, dan kakak saya juga mengalami hal serupa dengan saya, kira kira apa penyebabnya dan langkah apa yang bisa saya lakukan? Karena hal ini sedikit mengganggu aktivitas sehari-hari saya, terima kasih dok.

1 Jawaban Dokter

Selamat siang sobat,
Apakah anda memiliki riw. Peny. Tertentu, spt darah tinggi, kelainan atau ggn hormonal?adakah riwayat meminum obat2an tertentu?sdh brp lama anda mengalaminya?
Gejala yg anda alami dpt disebabkan oleh gangguan hormon spt hipertiroid. Biasanya disertai gejala berdebar2, gangguan pencernaan (diare), gemetar (tremor), keringat berlebih. Penyebab lain terkait kelainan pd saluran keringat atau gangguan kecemasan. Untuk memastikan penyebab2 tsb disarankan berkonsultasi kpd dokter shg dpt diketahui penyebab dan tata laksana yg sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.