susah bab dan sering diare

dokter saya susah bab dan harus menggunakan obat pencahar dan hal ini sudah saya diskusikan dengan dokter saya (diperbolehkan), yang menjadi keluhan saya setelah bab perut saya menjadi kembung dan sakit dan sering buang angin serta bab kembali. Tetapi setelah 1 hari perut menjadi normal yang menjadi pertanyaad saya apakah ada obat khusus untuk mengurangi sakit perut saya setelah bab tersebut karena hal ini sangat menggangu saya dalam bekerja serta dalam menempuh perjalan dari rumah ke kantor ataupun dalam perjalanan jauh saya seperti keluar kota. Hal ini sudah saya konsultasikan ke dokter saya tetapi belum ada solusi yang memuaskan.
Tolong bantuannya dokter

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Efek samping dari pencahar memang menyebabkan sakit perut karena pencahar menyebabkan diare. Ada baiknya sobat tidak menggunakan obat pencahar selama beberapa waktu. Setelah efek obat pencahar hilang, biasanya gejala terkait efek samping pencahar juga akan menghilang.
Untuk mengatasi susah BAB, sobat dapat mencoba mengonsumsi makanan tinggi serat terlebih dahulu, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.