1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Risiko kehamilan sangat kecil karena sperma sebenarnya tidak dapat bertahan lama pada lingkungan luar. Belum lagi sobat juga sudah membersihkan sperma sebelum memasukkan tangan ke dalam vagina. Selain itu, bisa saja saat ini memang bukan masa subur sobat.
Akan tetapi, apabila sobat ragu terhadap hal ini, sobat dapat menggunakan kontrasepsi darurat. Sobat dapat berkonsultasi ke dokter terkait kontrasepsi darurat yang dapat digunakan. Jika sobat ingin menggunakan kontrasepsi darurat, sebaiknya sobat segera menggunakannya karena kontrasepsi ini hanya efektif paling lama 3 hari setelah berhubungan.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu ­čÖé

#1
  1. Tetap kecil. Asumsi tangan sobat kering berarti kemungkinan sperma sangat sedikit di tangan sobat.
    Kontrasepsi darurat biasanya dijual spesifik karena kandungannya yang hanya mengandung satu jenis hormon saja sehingga efek sampingnya minimal. Efek sampingnya biasanya mual, dan sebagainya.
    Walaupun demikian, sebenarnya sobat masih dapat menjadikan pil kontrasepsi 28 hari menjadi kontrasepsi darurat. Akan tetapi, hal ini akan merepotkan karena biasanya kandungan pil kombinasi 28 hari bisa saja berbeda-beda. Pil kontrasepsi 28 hari biasanya disesuaikan dengan siklus menstruasi seorang wanita, yang mana hormon akan berfluktuasi seiring siklus tersebut.
    Dilansir dari WHO:
    "WHO recommends any of the following drugs for emergency contraception:
    ECPs with UPA, taken as a single dose of 30 mg;
    ECPs with LNG taken as a single dose of 1.5 mg, or alternatively, LNG taken in 2 doses of 0.75 mg each, 12 hours apart.
    COCs, taken as a split dose, one dose of 100 ╬╝g of ethinyl estradiol plus 0.50 mg of LNG, followed by a second dose of 100 ╬╝g of ethinyl estradiol plus 0.50 mg of LNG 12 hours later. (Yuzpe method)"
    Apabila bingung, ada baiknya sobat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui hal ini lebih lanjut. Salah penggunaan obat dapat membuat obat bekerja tidak efektif, namun memiliki efek samping yang besar.
  2. Tapi dok apakah pas tangan kering tapi punya cwe saya basah apakah kemungkinannya tetap kecil ? Dan menggunakan kontrasepsi darurat yg 28 pil itu gimana cara penggunaan yg bener ya dok ? Karna efek sampingnya yg cukup berbahaya
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.