nyamuk dbd

selamat malam dok. saya kemarin diserang banyak sekali nyamuk menurut saya itu nyamuk dbd. beberapa nyamuk itu gigit saya dok. 8 jam kemudian kepala saya pusing sekali, mual, badan terasa terbakar, lemas. keesokan harinya badan saya jadi pegal linu terutama tangan. badan masih terasa terbakar panas dalam. yg ingin saya tanyakan apakah dalam hitungan jam dbd dapat terdeteksi melalui tes lab? apakah saya dalam masa inkubasi? kalaupun saya dalam masa inkubasi apa yg harus saya lakukan untuk mencegah dbd semakin menjadi? mohon informasi nya dok. terimakasih banyak

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Biasanya demam berdarah juga disertai dengan demam tinggi sebagai reaksi peradangan tubuh. Apabila sobat ragu, sebenarnya sobat dapat melakukan pemeriksaan darah untuk melihat antigen NS1 sebagai penanda adanya infeksi akut virus dengue.
Untuk saat ini, belum ada antivirus untuk mengatasi demam berdarah dengue. Tatalaksana demam berdarah biasanya bersifat simptomatik, mencegah komplikasi dan mengurangi gejala yang ada. Secara teori, komplikasi berat biasanya muncul dalam 3-4 hari setelah terinfeksi virus demam berdarah. Setelah itu, tubuh akan kembali pulih dari demam berdarah dengan sendirinya.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.