Klitoris nyeri selama 4 hari

Maaf dok, saya perempuan 29 th dan sudah menikah. Sudah 4 hari klitoris saya terasa nyeri jika tersentuh atau saat bergerak dan berkendera. Awal mula karena saya menggunakan sabun biasa (sabun kewanitaan saya habis) selama 3 hari untuk membersihkan miss v, dan juga setelah berhubungan suami isteri. Apakah ini berbahaya dok? Bagaimana cara menghilangkan rasa nyeri ini dok? Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 26/01/2018
Public

Selamat pagi.
Penggunaan sabun kewanitaan malah tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko infeksi. Sebenarnya, membersihkan dengan menggunakan air bersih saja sudah cukup, karena vagina memiliki mekanisme sendiri untuk pembersihan. Anda dapat membersihkan bagian luar vulva yang berambut dengan air dan sabun, namun untuk bagian dalam vagina cukup dengan air bersih saja. Penggunaan sabun pada vagina dapat menyebabkan iritasi dan alergi.
Namun ini hanyalah perkiraan kemungkinan penyebab saja. Untuk dapat mengetahui dengan pasti apa penyebab nyeri yang Anda alami, apakah berbahaya atau tidak, dan bagaimana penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya, maka diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin mengenai hal ini.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.