Pola makan untuk anak

Selamat siang dokter.
Saya mau tanya ke dokter, saya mempunyai 2 orang anak, yang pertama cewek umur 10 tahun dan yg ke 2 cowok umur 4 tahun. Boleh gak dok seumuran mereka untuk menu sarapannya diganti dengan jus buah maupun sayuran tetapi untuk makan siang hari ttp pakai nasi. Kalau dokter berkenan, jika dokter ada resep jus buah dan sayur yang baik untuk anak saat sarapan, saya boleh minta resepnya dok???
Terima kasih sebelumnya

Riza

1 Jawaban Dokter

Staff 25/01/2018
Public

Selamat siang, Ibu Riza.
Vitamin, mineral, dan serat yang ada dalam buah dan sayur menghasilkan energi yang lebih sedikit dibandingkan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Padahal energi tersebut dibutuhkan oleh anak untuk melakukan aktivitasnya baik belajar, bermain, dan berolahraga.
Saran saya, untuk menu sarapan anak, Ibu tetap memberikan makanan sumber karbohidrat (seperti nasi, sereal, roti, pasta, umbi-umbian seperti kentang, jagung, dll) dan protein baik hewani maupun nabati (susu, daging ayam, sapi, ikan, telur, tahu, tempe, kacang merah, dll).
Ibu dapat membaca lebih lengkap mengenai pentingnya sarapan dan sedikit contoh menu praktis dan cepat untuk sarapan dan bekal makan siang anak pada tautan berikut https://www.tanyadok.com/anak/makanan-sehat-untuk-anak-sekolah .
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.