Bagaimana cara mengatasi mual-mualnya?

Beberapa hari lalu, anak saya yang berumur 9 tahun, selalu mual-mual kalau selesai mandi. Hal yang sama terjadi tiap selesai sikat gigi. Jika mengalami hal itu ia segera minum namun memuntahkan lagi air yang diminumnya.

Sehari lalu ia mual-mual, dan juga merasa tidak enak ditenggorokannya. Selalu mau minum namun dimuntahkan lagi dan juga selalu meludah. Malam hari setelah makan, ia muntah. Setelah itu lelap tidur namun begitu bangun masih merasa lehernya tidak enak.

Dua hari ini dikasi minum air hangat. Badan tidak panas. Makan bubur kalau pagi dan siang/malam makan nasi. Selama ini lauknya telur dan udang, bergantian. Tidak mau makan ikan. Makan sayur pun tidak mau, hanya air sayur yang dicampurkan ke nasinya. Itupun sering tidak mau.

Mohon solusinya.

Terima kasih
Mustajab

1 Jawaban Dokter

Staff 23/01/2018
Public

Selamat pagi.
Keluhan yang dialami oleh anak dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti misalnya gangguan pada lambung, gangguan pada tenggorok, dll. Sebaiknya segera diperiksakan pada dokter spesialis anak ya Bu mengingat hal ini telah berlangsung beberapa hari. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan jika perlu pemeriksaan penunjang untuk mengevaluasi penyebab keluhan yang dialami anak dan kemudian menentukan rencana terapi yang sesuai dengan kondisi klinis anak.
Semoga dapat membantu dan anak lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.