Kenapa luka lama sembuh, sering buang air kecil dan sering mengantuk?

Halo, dok. Saya Arifa umur 20 tahun. Saya memiliki luka di jari kaki bagian bawah tapi tidak tau penyebabnya apa. Lukanya bernanah dan memerah seperti mengelupas. Sudah lebih dari seminggu tidak sembuh. Saya juga sering buang air kecil. Bahkan ketika baru saja selesai, ingin buang air lagi. Saya juga sering sekali mengantuk. Apa itu ciri-ciri diabetes ya, dok? Soalnya saya pernah baca begitu ciri-ciri diabetes. Orang tua saya juga diabetes.

1 Jawaban Dokter

Staff 23/01/2018
Public

Selamat pagi.
Luka yang lama sembuh dapat disebabkan oleh perawatan luka yang kurang baik, infeksi pada luka (ditandai oleh adanya nanah), gejala dari Diabetes Melitus, dll. 
Tiga gejala khas diabetes melitus adalah sering minum akibat rasa haus yang terus menerus, sering berkemih, dan sering makan karena lapar terus menerus. Jika Anda mengalami gejala tersebut disertai sering mengantuk, mudah lelah, luka yang sulit sembuh, serta riwayat DM pada kedua orangtua, maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai penanganan luka tersebut dan juga deteksi diabetes melitus.
Pemeriksaan laboratorium yang umum dilakukan adalah pengukuran konsentrasi glukosa (gula) darah. Diagnosis DM ditegakkan bila

  • ada gejala klasik DM, dan
  • hasil pengukuran konsentrasi glukosa darah puasa ≥126 mg/dl, atau
  • hasil pengukuran konsentrasi glukosa darah sewaktu ≥200 mg/dl

Semoga dapat membantu. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.