hidung terbentur

malam dok. 3 hari yg lalu, hidung saya terbentur kepala adik saya. tidak berdarah tp sangat sakit terasa hingga sekarang. saat ditekan area hidung terasa nyeri dan pas ditekan terasa seperti tulang yg mlenceng kembali ke semula. sebelumnya juga 3 tahun yg lalu hidung saya juga terbentur kepala teman saya. tidak berdarah juga tp kata kakak saya sedikit bengkok. tp saya mengabaikan. hingga kejadian kemarin terjadi lagi. apakah hidung saya tidak apa apa ya dok? terimakasih.

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat,
adakah keluhan pada saluran napas anda seperti sesak, hidung tersumbat, dsb? apakah benturan terjadi sangat keras? adakah kelainan kulit seperti lebam, bengkak? 
keluhan yg anda alami dapat disebabkan oleh lebam (hematoma) jika memang demikian umumnya dapat kembali normal dalam waktu 1 minggu dan penanganan yg dapat anda lakukan adalah dengan melakukan kompres dingin pada daerah yg lebam dan bengkak. penyebab lainnya mungkin benturan tsb dapat menyebabkan keretakan/patah (terutama jika benturan dengan mekanisme yg cukup keras) biasanya terdapat gejala seperti adanya bengkak, gangguan pada fungsi pernapasan, tersumbat, dan jika diraba dapat menimbulkan bunyi krepitasi (bunyi” krek”). untuk memastikannya, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter sehingga dapat diketahui penyebab dan dilakukan penanganan yg sesuai.semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.