1 Jawaban Dokter

Staff 18/01/2018
Public

Selamat pagi.
Sirosis hepatis merupakan komplikasi dari hepatitis kronis. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan, namun dapat diperlambat peningkatan keparahannya dengan rutin melakukan kontrol berkala dengan dokter yang menangani sirosis, mengkonsumsi obat yang diresepkan sesuai anjuran (jika ada), dan menjalankan program diet khusus yang disesuaikan dengan kondisi klinis masing-masing pasien.
Untuk mengatasi anemia, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya, apakah anemia disebabkan oleh sirosis, kurangnya nutrisi, atau penyebab lain. Apabila disebabkan oleh kekurangan nutrisi, maka biasanya dengan pola makan tinggi zat besi / vitamin B12 / asam folat, maka kadar hemoglobin dapat dibantu ditingkatkan. Akan tetapi jika penyebabnya suatu penyakit seperti sirosis, maka peningkatan kadar Hb membutuhkan pendekatan terapi yang lebih kompleks. Diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengevaluasi hal ini.
Sedangkan kelemahan anggota gerak selain disebabkan oleh stroke ringan yang dialami, juga mungkin diperburuk oleh adanya anemia. Anda dapat menanyakan pada dokter yang menangani, apakah kondisi pasien memungkinkan untuk dilakukan rehabilitasi medik untuk membantu mempertahankan kekuatan otot motorik dan jenis terapi rehabilitasi apa yang sesuai dengan kondisi klinis pasien.
Penanganan medis dapat dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam. Jika dari pemeriksaan dianggap perlu rujukan, maka mungkin dokter akan merujuk pasien pada dokter spesialis saraf dan atau rehabilitasi medik.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.