gondokan

Dok apakah saya gondokan
Gejala yang saya rasakan
Nelen susah demam tinggi trus turun
Kepala sampai leher rasanya berat
Trus leher saya bengkak dikit di sebelah kanan tapi sebelah kiri gk bengkak tapi sakit juga
Dan apakah orang yg sudah pernah gondokan akan kena lagi

1 Jawaban Dokter

Staff 18/01/2018
Public

Selamat pagi.
Penyakit gondok adalah penyakit yang mengenai kelenjar tiroid atau kelenjar gondok seseorang. Penyakit ini dapat ditandai dengan adanya pembesaran leher bagian depan dan mempengaruhi hormon tiroid yang akan mengganggu metabolisme tubuh.
Mungkin yang Anda maksud adalah penyakit gondongan (mumps atau parotitis). Penyakit ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus dan mengenai kelenjar parotis atau kelenjar ludah yang terletak di antara telinga dan rahang, sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas dekat telinga atau pipi bagian bawah. Namun, walaupun jarang, infeksi ini dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa gejala yang mungkin terjadi oleh adalah lemas, demam, nyeri kepala, badan terasa pegal, dan napsu makan menurun akibat mulut kering, nyeri pada bagian leher atau pipi yang membengkak, dan nyeri saat mengunyah maupun menelan.
Jika seseorang pernah mengalami gondongan akibat infeksi virus, maka ia tidak akan terkena gondongan akibat virus lagi, namun mungkin mengalami gondongan akibat infeksi bakteri.
Untuk dapat memastikan apakah pembesaran pada leher yang Anda alami merupakan pembengkakan kelenjar parotis atau pembengkakan kelenjar getah bening leher (yang sering terjadi pada penyakit infeksi saluran napas karena kelenjar getah bening bekerja sebagai sistem daya tahan tubuh melawan infeksi), dan terlebih menentukan apakah Anda mengalami gondongan atau penyakit lain, maka Anda perlu memeriksakan diri pada dokter.
Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan apabila perlu pemeriksaan penunjang untuk mengevaluasi penyakit yang Anda alami dan memberikan terapi yang sesuai.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.