Apa bahayanya anak jatuh?

Selamat Malam Dokter,
Saya mau tanyaanak saya perempuan (umur 3,5 Tahun) lagi main2. Dia jalan merangkak, terus tangan yg kanan tiba2 jatuh / gak kuat menopang, akhirnya anak saya juga jatuh dada kena lantai. Nangis, saya gendong. Karna saya takut kalo digendong, tambah sakit dadanya. Saya tidurin dia. Gak lama ditidurin, kok anak saya yg awalnya nangis, matanya jadi sayu terus merem dehh…muka pucat bibir biru / ungu. Saya & istri takut, kepikiran macem@ yg enggak2…kita panggil namanya, Alhamdulillah gak lama anak saya kebangun & nangis kenceng…Alhamdulillah dia saadr lagi.
Pertanyaannya :
1. Bahaya gak sih dok kalo jatuh dadanya kebentur lantai? Efeknya apa?
2. Pertolongan pertamanya gimana ya?
3. Apa bisa terjadi kematian, seperti yg saya tulis diatas, anak saya sudah sayu matanya muka pucat bibir biru / ungu?

Terima kasih dokter

1 Jawaban Dokter

Staff 18/01/2018
Public

Selamat malam.
Benturan pada dada dapat mengakibatkan beberapa gangguan medis seperti cedera otot dada, patah tulang rusuk, kontusio pulmonal (memar pada paru-paru), pneumotoraks (paru-paru menjadi kempes karena terdapat udara pada rongga lapisan paru), dll. Komplikasi yang terberat dari cedera pada paru-paru adalah kematian.
Sebaiknya anak segera diperiksakan ke unit gawat darurat untuk dapat dilakukan evaluasi apakah perlu perawatan inap atau tidak, mengingat dari informasi yang Anda  berikan bahwa anak sempat mengalami penurunan kesadaran dan tanda kekurangan oksigen.
Semoga dapat membantu dan anak lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.