Suara Krok krok pernapasan karena dahak tidak kelaur pada bayi

5 bulan berat 6.1, suara krok krok pada dada, karena dahak tidak dapat keluar. Susu yg disarankan apa yah ?

1 Jawaban Dokter

Staff 16/01/2018
Public

Selamat pagi.
Di dalam saluran napas bayi terdapat lendir yang fungsinya sebagai saringan untuk mencegah kuman dan debu masuk ke paru. Bila suhu ruangan dingin (seperti malam atau pagi hari, atau saat mengunakan AC),  lendir ini akan menjadi lebih kental sehingga terdengar bunyi pada saat anak bernapas. Bila ada alergi atau infeksi, produksi lendir juga bisa semakin meningkat sehingga mengganggu pernapasan anak. Selain itu, paparan asap rokok, bulu binatang, debu rumah, dan tungau debu rumah misalnya pada gorden yang lama tidak dicuci atau bulu pada boneka, juga dapat memperparah napas grok-grok pada anak.
Secara umum, napas grok-grok tidaklah berbahaya. Yang perlu dilakukan adalah mencari tahu hal-hal apa saja yang dapat memperparah napas grok-grok pada anak dan melakukan usaha untuk menghindarkan paparannya pada anak.
Dalam kasus anak Anda, periksakan anak pada dokter spesialis anak terlebih dahulu untuk memastikan apakah benar penyebabnya adalah alergi susu atau hal lain nsebelum mengganti susunya. Jika dokter mendiagnosa alergi susu sapi, maka dokter akan menyarankan susu formula khusus yang sesuai dengan kondisi anak.
Segera cari pertolongan medis jika muncul tanda bahaya seperti misalnya cuping hidung kembang kempis, napasnya tampak “berat” atau anak nampak menarik dada kuat-kuat, frekuensi napasnya menjadi lebih cepat atau lebih lambat, bibir dan lidah kebiruan, atau napasnya terdengar seperti merintih.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.