1 Jawaban Dokter

Staff 11/01/2018
Public

Selamat siang.
Batas usia seorang anak dikatakan mengalami keterlambatan perkembangan adalah jika belum dapat duduk sendiri pada usia 8 bulan dan belum merangkak pada usia 1o bulan.
Untuk menstimulasi anak lebih cepat duduk sendiri tanpa bantuan, perkuat otot lehernya dengan mengajak anak bermain saat ia duduk dengan bantuan sehingga kepalanya bergerak ke bawah dan ke atas untuk melatih kekuatan otot leher (misalnya meletakkan mainan di lantai lalu mainan diangkat sehingga bayi mendongakkan kepala mengikuti gerakan tangan ibu) dan bantu ia melatih menyeimbangkan tubuh dengan menempatkan mainan yang dapat dilihat anak namun terletak di luar jangkauan tangannya saat ia duduk sehingga anak akan mencoba meraih mainan tersebut dari posisi duduk tersebut.
Ibu juga dapat menstimulasi agar anak lebih cepat mulai merangkak dengan memperlihatkan mainan yang menarik agar anak berusaha menghampiri mainan sambil merangkak.
Selain melakukan stimulasi tersebut, sebaiknya Ibu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan evaluasi menyeluruh penyebab keterlambatan perkembangan motorik anak.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.