anak saya kalau dingin bersin sampe mataharinya udah terik banget baru berhenti

Dok, anak saya kalau dingin bersin sampe mataharinya udah terik banget baru berhenti, kalau udah bersin biasanya di ikuti sama batuk, dan sesak napas, klu ngak kena dingin, ngak gitu dok, terimah kasih atas jawabannya..

1 Jawaban Dokter

Staff 11/01/2018
Public

Selamat siang.
Keluhan yang dialami oleh anak Anda dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, di antaranya adalah rhinitis alergi dan lemahnya sistem imunitas atau daya tahan tubuh.
Rhinitis alergi merupakan suatu kondisi inflamasi atau peradangan pada mukosa hidung yang disebabkan oleh alergen (penyebab alergi). Gejala rhinitis alergi mirip dengan gejala pilek, yaitu bersin, hidung terasa gatal, hidung tersumbat, dan hidung berair, setelah terpapar dengan alergen. Rhinitis alergi dapat dicegah dengan mengenali dan menghindari alergen pemicunya. Seseorang dengan alergi biasanya memiliki lebih dari satu zat alergen.
Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk menanyakan apakah anak Ibu perlu menjalani tes imunitas dan tes alergi. Tes imunitas dapat mengetahui apakah sistem daya tahan anak Ibu bekerja dengan baik atau tidak. Sedangkan tes alergi dapat mengetahui alergen apa saja yang dapat memicu rhinitis alergi anak Ibu, dan membantu ia menghindari alergen-alergen tersebut.
Usahakan suhu ruangan terjaga 26 derajat Celcius, jika suhu lebih dingin pilihkan pakaian anak yang lebih tebal, kenakan jaket atau selimut pada anak, dan oleskan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh anak. Selain itu, pastikan anak selalu beristirahat cukup. Ajak ia melakukan olahraga yang ia sukai, misalnya jalan pagi, bersepeda, atau berenang bersama keluarga minimal satu kali setiap minggu, terapkan pola makan sehat (makanan bergizi dan susu), serta sebisa mungkin hindarkan anak dari debu dan asap rokok.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.