diare setiap setelah minum sufor

Assalamualaikum, Selamat malam dok. sebelumnya saya mau cerita dulu dok. Dulu waktu Hafizh lahir saya beri susu formula dengan merk A, kemudian Hafizh mengalami bapil sampai nafasnya sesak. Bidan disini menyarankan saya untuk ganti sufor dengan merk B, sampai umur 1,5 tahun tidak ada masalah. Namun kemudian Hafizh diare setiap setelah minum sufor dengan merk B tersebut. Saya bawa Hafizh ke dokter, dokter menyarankan untuk mencari sufor dengan kandungan kalsium yg tinggi. Nah karena saran dokter akhirnya saya cari sufor yg kandungan kalsiumnya tinggi dan akhirnya saya beralih ke sufor C (Sufor C ini kebetulan satu produk dengan sufor A ). Masuk bulan Desember kemarin Hafizh mulai terserang bapil dan sesak. Saya sudah bolak balik bidan dan dokter tp tetap saja bapilnya tidak kunjung reda dan sesaknya juga begitu. Yg saya tanyakan dok, apa mungkin sesaknya itu perngaruh dari sufor karena satu produk dan Hafizh pernah mengalami gejala ini ketika bayi, ataukah karena cuaca sekarang yg tidak menentu ?

1 Jawaban Dokter

Staff 11/01/2018
Public

Selamat siang.
Yang menyebabkan alergi susu sapi adalah kandungan protein di dalamnya, jadi bisa saja walaupun merk atau produsen susunya sama namun kadar kandungan proteinnya berbeda sehingga belum tentu susu tersebut yang menjadi penyebab batuk pilek yang dialami oleh anak. Batuk pilek dan sesak yang dialami oleh anak dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, di antaranya adalah alergi, iritasi saluran pernapasan, infeksi, atau hal lain. Untuk dapat memastikan apa penyebabnya, diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter.
Selain itu, Ibu juga bisa mencoba menghentikan pemberian susu C. Apabila batuk pilek mereda setelah penghentian susu C, maka kemungkinan besar anak juga tidak dapat mengkonsumsi susu tersebut dan perlu diganti dengan susu formula khusus dengan protein terhidrolisa (pada susu jenis ini, protein penyebab alergi susu yang telah dihancurkan). Berkonsultasilah dengan dokter secara langsung sebelum kembali mengganti susu formula anak.
Jauhkan juga anak dari paparan debu dan asap rokok, rutinlah mengganti sprei dan mencuci gorden di rumah, serta jauhkan anak dari paparan bulu hewan dan boneka berbulu.
Semoga dapat membantu dan anak lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.