Pemberian vaksin

Selamat malam dok,, anak saya berumur 3 bulan,, tgl 13 besok jadwal pemberian vaksin IPV di dokter A,, tetapi saya ingin anak saya d vaksin PCV juga karena katanya pemberiannya pas usia 3 bulan juga,, kebetulan di dokter A tidak ada vaksin PCV jd rencananya saya mau kasih vaksin PCV di dokter B.. Boleh tidak dalam satu bulan ini anak saya d vaksin 2 jenis vaksin itu? Apabila harus memilih salah satu, vaksin mana yg harus saya utamakan lebih dulu? Dan kapan vaksin yg satu lagi hrus saya berikan ?
Satu lagi dok, imunisasi dasar anak itu ada berapa jenis dan apa saja yg wajib diberikan pada anak? Terima kasih banyak dok sebelumnya.

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat Putri,
vaksin PCV (pneumococcal vaccine) adalah vaksin untuk membentuk imunitas/kekebalan terhadap infeksi bakteri pneumococcus, bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit Invasive Peumococcal Diseases (IPD) yang dapat berupa meningitis atau peradangan pada selaput otak, bakteremia atau infeksi bakteri dalam darah, dan pneumonia atau peradangan pada paru – paru. merupakan salah satu vaksin yg dianjurkan oleh ikatan dokter anak Indonesia sejak th. 2006.  Jadwal pemberian imunisasi PCV dilakukan sebanyak empat kali pemberian yaitu : Dosis I sudah dapat diberikan sejak seorang anak berusia 2 bulan, Dosis II pemberiannya dilakukan pada saat anak berusia 4 bulan, Dosis III pemberiannya dilakukan pada saat anak berusia 6 bulan, Dosis IV pemberiannya dilakukan pada saat anak berusia 12 – 15 bulan atau 2 tahun.

vaksin IPV adalah vaksin untuk polio yg diberikan melalui suntikan. vaksin ini diberikan pada usia 2, 4, 6, dan 18 bulan. untuk pemberian antara vaksin IPV maupun PVC tidak ada yang lebih prioritas, dan dapat diberikan, disarankan diberi jeda sekitar 1 minggu, karena efek samping vaksin sendiri yang tentunya kurang nyaan bagi anak, selain menimbulkan reaksi nyeri dan kemerahan pada daerah suntik, efek samping lain diantaranya seperti demam. 
imunisasi yg wajib diberikan pada anak antara lain:

  • vaksin hep. B: usia <12 jam, 1 bulan setelahnya, dan 2-5 bulan setelah imunisasi pertama
  • vaksin BCG : usia 2-3 bulan
  • vaksin DPT: usia 2,3,4 bulan dan booster usia 18 bulan dan 5 tahun
  • vaksin polio: oral (saat lahir, usia 2, 4, 6, 18 bulan ) jika suntik (2, 4, 6-18 bulan dan 6-8 tahun)
  • vaksin campak: 9 bulan dan dosis ulangan (second opportunity pada crash programcampak) pada usia 6-59 bulan serta saat SD kelas 1-6
  • vaksin MMR: 15-18 bulan dengan minimal interval 6 bulan antara imunisasi campak dengan MMR. 

untuk informasi lebih lengkap anda dapat melihat website IDAI : http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017
semoga informasi ini bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.