Bagaimana cara menghilangkan flek hitam?

Saya pernah mencoba cream pemutih abal-abal saat duduk dibangku smp namun tidak ada kendala apapun. Setelah saya masuk SMA sekitar kelas 2 saya mengganti produk kecantikan saya dengan DR Pure yg alhamdulillah sudah bpom. Sampai saat ini saya masih menjadi pemakai cream tersebut. Namun semakin kesini saya melihat terdapat flek hitam diarea bawah mata,hidung,dan sekitaran pipi. Bintik-bintik hitam namun tidsk terlalu berkumpul posisinya. Namun adik saya laki-laki saat ini duduk dibangku SD pun sama bahkan dia lebih banyak. Mohon dijelaskan dok,apakah ini merupakan keturunan atau memang efek dari kosmetik yg saya gunakan?

1 Jawaban Dokter

Staff 09/01/2018
Public

Selamat siang.
Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanosom dalam melanin (pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut.) 
Beberapa faktor risiko terbentuknya flek hitam adalah genetik/keturunan, faktor penuaan usia, paparan sinar matahari, lokasi tempat tinggal di daerah khatulistiwa, penggunaan obat hormonal, dll. Krim wajah atau kosmetik dengan kandungan zat tertentu (misalnya merkuri, asam salisilat, AHA complex, dll) jika digunakan dalam jangka panjang juga memiliki efek samping menyebabkan wajah menjadi lebih rentan menyerap paparan sinar UV.
Untuk mencegah timbulnya flek hitam, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 50 sehari-hari terutama pada wajah dan bagian lain yang tidak tertutup pakaian. Kenakan topi saat hendak bepergian ke daerah yang sinar mataharinya sangat terik.
Untuk menghilangkan flek hitam yang telah terbentuk, terdapat berbagai pilihan terapi seperti laser atau krim berisi obat tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit mengenai hal ini.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
  1. Trimakasih atas penjelasannya dok,sangat membantu:)
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.