Efek tambal gigi

Dok, saya nia. Mau tanya
Minggu kemarin saya melakukan tambal gigi. Setiap kali di pakai makan, bekas tambalan gigi terasa sakit.
Itu kenapa ya dok? Apa karna efek tambal gigi?
Sudah seminggu saya merasakan sakit gigi tp sampai sekarang belum hilang.

1 Jawaban Dokter

Staff 09/01/2018
Public

Selamat siang, Nia.
Normalnya Anda tidak mengalami nyeri pasca penambalan gigi.
Terdapat beberapa kemungkinan penyebab timbulnya nyeri setelah penambalan gigi, salah satu yang tersering adalah yaitu gigi yang baru saja ditambal terlalu cepat dipakai untuk makan sebelum bahan tambalan mengeras sempurna. Anda harus menunggu tambalan padat sebelum dapat menggunakan gigi untuk mengunyah dengan normal. Waktu memadatnya tambalan ini akan berbeda-beda tergantung zat yang digunakan (berkisar antara 24-48 jam). Tanyakan kepada dokter gigi kapan Anda boleh mulai kembali menggunakan gigi yang ditambal tersebut untuk mengunyah agar tambalan tidak rusak. Setelah penambalan gigi, konsumsilah makanan yang lebih lunak terlebih dahulu, pilih makanan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, serta kunyah makanan pada sisi mulut yang berlainan dengan gigi yang ditambal.
Selain itu, kemungkinan lain penyebab nyeri pada gigi yang ditambal adalah proses penambalan yang kurang optimal sehingga ada bagian yang belum terisi penuh oleh tambalan, proses persiapan penambalan yang kurang optimal karena ada bagian gigi yang sulit dibersihkan secara menyeluruh, kondisi gigi yang lubangnya sudah cukup dalam sehingga sangat dekat dengan saraf gigi, atau hal lainnya.
Sebaiknya Anda segera kembali berkonsultasi dengan dokter gigi yang menangani penambalan gigi tersebut. Sampaikan keluhan yang Anda alami sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan yang tepat untuk Anda.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.