mata berkunang kunang

selamat sore dok. Saya mau tanya, pada saat saya mengikuti upacara bendera tiba tiba punggung saya sakiiittttt sekali kemudian menjalar ke perut bagian bawah rasanya nyeri (tidak ingin mual/muntah) mata saya berkunang kunang hampir gelap. keringat saya banyak sekali deras. padahal awalnya saya masih bercanda dengan teman saya, masih biasa saja. tidak sakit atau apapun. itu terjadi secara tiba tiba. karena tdk kuat daripada pingsan saya istirahat. katanya saya kurang minum. padahal saya selalu minum karena haus sekali sampai buang air kecil terus”an. memang gejala seperti itu menunjukkan penyakit apa ya dok? terimakasih sebelumnya.

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Banyak sekali penyebab nyeri pada punggung hingga perut bagian bawah. Secara umum asal nyeri dapat dibagi menjadi beberapa bagian besar: otot, tulang, organ reproduksi, usus, saluran kemih, pembuluh darah, dsb. Memang secara garis besar nyeri pada organ dalam menunjukkan gejala yang tidak terlalu spesifik.
Setelah mengetahui asal gejala tersebut, barulah kita bisa mencari tahu penyebab keluhan nyeri tersebut. Setelah penyebab diketahui barulah pengobatan dapat diberikan secara maksimal.
Sobat dapat berkonsultasi ke dokter terkait hal ini. Dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan dan pemeriksaan penunjang yang kira-kira diperlukan (cek urine, USG, dsb).
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.