Keguguran berulang dengan hyperagregasi trombosit

Selamat siang dok, saya riwayat keguguran berulang 3x bulan april, agustus dan terakhir 22 desember dan 1x bulan april kuret diawal keguguran dan itu terjadi di tahun 2017. Semua tidak lebih dari 10 weeks. Pemeriksaan lab torch negatif, aca negatif, cuma TAT hasilnya hyperagregasi trombosit. Yang mau saya tanyakan apakah hyperagregrasi trombosit dan aca itu penyakit yg sama? Apabila berbeda apa yang membedakan dan lebih bahaya mana aca atau hyperagregasi trombosit. Saya sekarang mengkonsumsi trombo aspilet dan nanti apabila saya hamil saya kemungkinan diganti obat suntik? Saya pernah baca kalau obat suntik itu mengandung babi? Apa benar dok? Apakah hyperagregasi trombosit bisa sembuh y dok? Saya selama ini kontrol di dr fetomaternal dan hematologi dan dokter spesialis tersebut terbatas. Apakah bisa nantinya apabila ditangani dr obgyn dan penyakit dalam biasa?

1 Jawaban Dokter

selamat pagi Bu Aisyah,
Antibodi Cardiolipin (ACA) merupakan autoantibodi yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang cardiolipin, yakni zat yang ditemukan pada lapisan terluar dari sel (membran sel) dan trombosit. Autoantibodi ini dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur pembekuan darah.

Pemeriksaan ACA mendeteksi adanya ACA dalam darah yang umumnya dilakukan pada seseorang yang mengalami satu atau lebih pembekuan darah vena atau arteri (thrombotic episodes) yang tidak dapat dijelaskan; ketika seorang wanita mengalami keguguran berulang, terutama pada trimester kedua dan ketika; ketika seseorang mengalami gejala penyakit autoimun yang konsisten. pemeriksaan ACA dapat +pada penyakit lupus, infeksi sifilis, malaria, parasit, dan pada sindrom antifosfolipid. hiperagregasi trombosit dapat terjadi terkait kelainan autoimun dalam tubuh. disarankan kembali berkonsultasi kepada dokter anda untuk evaluasi lebih lanjut, jika memang terkait dengan penyakit autoimun kemungkinan diperlukan terapi dalam jangka waktu yg cukup panjang. penanganan terhadap kelainan autoimun yg menyebabkan hiperagregasi trombosit, apabila positif memang merupakan kasus yg subspesialistik sehingga lebih baik ditanganani oleh dokter Sp.OG sub spesialis penyakit autoimun. semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.