fases keluar cacing

dok, saya mau tanya udah dua minggu anak saya berumur 9 bln mencret, awal nya mencret nya berwarna hijau, berlendir dan bau amis.. setelah berobat sekarang dia tidak mencret lgi tpi setiap BAB pasti banyak keluar cacing kecil2 berwarna hitam.. itu kenapa y dok. apa diperut anak saya cacing semua. saya benar2 takut.. mau bawa k RS lagi tunggu hari senin karna dokter anak disini cma sampai kamis. tolong solusinya dok. terimakasih

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat Putri, 
apakah ada keluhan lain, seperti gatal di bagian anus (tempat keluarnya feses) terutama pada malam hari? apakah ada keluhan lain seperti mual-muntah, anak tidak napsu makan, demam? berapa berat badannya?
kemungkinan anak anda menderita infeksi parasit cacing, kemungkinan lain adalah infeksi amuba atau bakterial. infeksi cacing biasanya disertai rasa gatal pada anus, anak menjadi rewel dan sulit tidur terutama pada malam hari, serta adanya tanda2 anemia (kurang darah ) seperti lemas, letih, lesu. jika memang demikian, obat untuk mengatasi infeksi cacing tersebut adalah dengan obat cacing golongan albendazole atau pirantel pamoat yg diberikan 1 kali saja. pemeberian obat disesuaikan dengan berat badan anak. umumnya adalah 1/2-3/4 tablet  pirantel pamoat 125 mg dosis tunggal pada anak seusia anak anda. tetap disarankan berkunjung ke dokter anak untuk dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan dan memastikan diagnosis, jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan feses lengkap. semoga informasi ini bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.