haid

Assalamualaikum dokter. Saya mengalami tidak kelancaran haid atau juga bisa dibilang telat . Tapi saya mengalami telat ini sejak septmber sampe skarangg sama skali blum haid sekitar 4bulan lebih.. Hanya saja keputihan dan perut bagian bawah agak mengeras seperti yang dialami haid biasanya . Apa yang trjadi dengan saya dok?

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat Andriana,
apakah ada keluhan lain seperti nyeri perut, demam, dsb? apakah anda sudah menikah? jika sudahpernah menikah /(maaf) berhubungan aktif secara seksual apakah sudah pernah dilakukan tes kehamilan? berapa usia anda?
penyebab gangguan siklus haid dapat beragam.  terkait gangguan keseimbangan hormon (stress,kelelahan, kondisi tubuh tidak fit, jelang menopause), kehamilan, peakaian alat kontrasepsi hormonal (pil, suntik, susuk), dapat juga terkait masalah pada organ reproduksi spt infeksi, sindrom polikistik ovarium, kista, endometriosis, adenomyosis, dsb. utntuk memastikan penyebabnya diperlukan data lebih mendalam dan juga pemeriksaan lanjutan, jika diperlukan dilakukan pemeriksaan USG dan juga pemeriksaan kehamilan jika ada sangkaan kehamilan untuk evaluasi dan tata laksana yg sesuai, saya sarankan anda memeriksakan diri ke dokter scr langsung. semoga informasi ini bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.