Bagaimana cara ngatasi bayi yg mutah susu dan buang air besar setiap 2/3 hari baru buang air besar

Mau tanya dok anak saya umur 2 bln dan kadang sering mutah susu dan buang air besarnya tu kya gk lncar gtu kadang 2/3 hari baru buang air besar…dan sering sekali ngeden terus gk tidur gk bangun selalu ngeden trs…gmna dok ap tu bahaya ap gak…dan gmna cara ngatasinya… Mkasih sblm nya dok…

1 Jawaban Dokter

selamat pagi Bu Cristy,
apakah anak anda mengonsumsi susu formula atau ASI? adakah keluhan lain yg anak alami seperti bersin, batuk, sesak napas, atau ruam pada kulit? berapa berat badan dan panjang badannya saat ini?
keluhan pada saluran cerna pada bayi biasanya sering dialami pada bayi yg mengonsumsi susu formula, terkait alergi susu sapi, selain gangguan saluran cerna (umumnya diare), dapat disertai keluhan pada saluran pernapasan, seperti batuk, bersin, sesak dan kulit (eksim, kemerahan,gatal). selain alergi susu sapi, dapat juga disebabkan oleh intoleransi laktosa (biasanya anak akan mengalami sembelit/susah BAB) perut kembung. untuk memastikan penyebabnya, sangat disarankan untuk memeriksakan anak ke dokter spesialis anak untuk dapat dilakukan pemeriksaan pada anak secara langsung dan dilakukan evaluasi serta tata laksana yg sesuai. semoga informasi ini bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.