biduran

Selamat malam dok . Dok saya sudah 4 bulan menderita penyakit biduran dok. Sebelum ny saya kerja yg berhubungan dengN bahan kimia dok. Sudah di berbagai obat biduran saya konsumsi dok. Tp itu hanya untuk meredakan saja dok . Hasil ny nol mohon penjelasan ny dok

1 Jawaban Dokter

Staff 04/01/2018
Public

Selamat pagi.

Kondisi yang Anda alami dikenal dengan istilah medis urtikaria. Lesi urtikaria biasanya akan menghilang dalam waktu kurang dari 24 jam, namun ada kemungkinan munculnya lesi baru sehingga dapat berlangsung selama beberapa hari (urtikaria akut). Jika urtikaria berlangsung lebih dari 6 minggu, maka disebut sebagai urtikaria kronis. Gejala yang muncul adalah kulit yang meninggi menyerupai pulau – pulau berwarna kemerahan, disertai rasa gatal atau terkadang perih.

Hal yang dapat memicu munculnya urtikaria adalah:
reaksi alergi (biasanya alergi terhadap makanan, obat, gigitan serangga, bulu hewan, tes alergi). Urtikaria dapat muncul segera dalam beberapa menit atau beberapa jam setelah paparan terhadap zat alergen.
stres
penyakit lain, seperti infeksi, gangguan hormon tiroid, penyakit autoimun (misalnya lupus), dll. Biasanya urtikaria muncul disertai dengan keluhan di bagian tubuh lain selain kulit.

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis alergi dan imunologi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab munculnya urtikaria, apakah ada penyakit yang menyertai atau tidak, serta memberikan terapi yang sesuai dengan kondisi klinis Anda.

Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.