Apa kemerahan karena biang keringat pada kulit bisa menetap dan tidak hilang?

Selamat siang dok, apa masalah kemerahan pada kulit seperti biang keringat bisa menetap dan tidak hilang?
Teman saya memiliki kemerahan seperti biang keringat di sekitar punggung bawah, akan tetapi setahu saya biang keringat dapat hilang sendiri di kemudian hari, sedangkan kemerahan yang teman saya alami sudah agak lama.
Kemerahan di kulit ini tidak terlalu sering menyebabkan rasa gatal, biasanya jika berkeringat akan terasa gatal dan sedikit panas. Tetapi, saat tidak gatal, kemerahan itu tetap ada dan tidak hilang dok.
Apa mungkin masalah yang teman saya alami bukan karena biang keringat, melainkan jenis penyakit kulit lainnya, atau bahkan tanda dari penyakit lainnya ya dok?
Mohon pencerahannya, terima kasih..

1 Jawaban Dokter

Selamat siang sobat Ramdhona,
Keluhan kemerahan pd kulit yg menetap sangat beragam, terkait infeksi tertentu, hiperpigmentasi paska inflamasi (biasanya berwarna lebih gelap), atau dpt pula terkait kelainan autoimun (imunitas).
Sdh berapa lama keluhan ini dialami?apakah ada keluhan lain seperti demam adanya kelainan kulit lain seperti penebalan,terasa panas,dsb?
Terkait biang keringat,biasanya jika hanya superfisial (permukaan kulit) dpt hilang dgn sendirinya seiring dgn menghindari faktor pencetus spt menjaga suhu dan kelembaban lingkungan,menghindari paparan panas matahari. Namun jika profunda (agak dlm) dpt menimbulkan bercak hiperpigmentasi atau bekas tanda peradangan dan warnanya cenderung lebuh gelap dan dapat menetap. Kelainan kulit lain terkait autoimun spt lupus,psoriasis dsb dpt mungkin saja terkait keluhan,namun diperlukan pemeriksaan lanjut untuk memastikannya. Saya sarankan anda memeriksakan teman anda scr lgs kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk evaluasi dan tata laksana lanjutan. Semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.