sering mengalami ketindihan

selamat pagi dok… saya mahasiswa umur 23 tahun … beberapa bulan ini saya sering mengalami yang biasa disebut orang awam dengan sebutan ketindihan … tapi ketindihan yang saya alami itu terjadi dengan lebih sering … ketika saya tidur malam … saya bisa mengalami ketindihan 2-3 kali … apakah ada kemungkinan saya memiliki penyakit serius ?

terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 29/12/2017
Public

Selamat pagi.
Ketindihan atau istilah medisnya sleep paralysis adalah suatu keadaan di mana seseorang merasakan kelumpuhan seluruh anggota gerak saat tidur.
Pada saat tidur, normalnya memang akan terjadi penurunan tonus otot yang berakibat pada kelumpuhan sementara pada fase tidur tertentu. Namun pada beberapa keadaan ketika otak terbangun dari fase tidur namun penurunan tonus otot ini masih berlangsung, maka orang tersebut akan merasakan dirinya lumpuh saat tidur sehingga seringkali menyebabkan kepanikan.
Hal ini biasanya terjadi akibat kelelahan, waktu tidur yang kurang, aktivitas fisik berlebih, stres psikologis, atau gangguan tidur.
Cobalah untuk mengatur waktu tidur teratur pada jam yang sama, beristirahat selama 7-9 jam per hari, mengurangi aktivitas fisik yang terlalu berat, menghindari belajar atau bekerja paling tidak 2 jam sebelum tidur, dan mencoba teknik relaksasi sebelum tidur.
Apabila Anda masih mengalami keluhan yang sama, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter praktisi kesehatan tidur atau dokter spesialis saraf mengenai hal ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk mengevaluasi gangguan tidur yang Anda alami. Dengan demikian dapat diberikan terapi yang sesuai untuk mengatasi masalah Anda.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.