Bagaimana cara menyembuhkan melilit dan mual di malam hari

Halo dok, saya mau tanya. 2 hari ini saya mengalami sakit perut di malam hari. Rasanya melilit seperti angin yang bergerak. Susah untuk kentut juga. Disertai rasa mual dan muntah. Jika dibuat tengkurap sakit sekali di perut bagian atas. Jika berbaring rasa sakit nya tetap muncul. Kadang hilang kadang muncul dok. Tetapi jika pagi hari saya bab kentut dengan normal. Saya mempunyai penyakit maag dan pernah terkena infeksi lambung. Saya sakit apa dok? Dan apa tindakan yang harus segera saya lakukan?

1 Jawaban Dokter

Staff 27/12/2017
Public

Selamat pagi.
Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri perut melilit:

  • Peradangan pada lambung
    • Peradangan pada lambung dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu infeksi bakteri Helicobacter pylori, alkohol, kafein, makanan pedas, makanan dengan kandungan lemak tinggi, makanan dengan kadar asam tinggi, obat-obatan pengurang nyeri, merokok, dan stres. Gejala yang dirasakan adalah nyeri pada perut kiri atas atau tengah atas (ulu hati) atau perut bagian bawah (tergantung posisi lambung Anda) yang dapat menjalar hingga ke punggung, mual, muntah, kembung.
  • Peradangan pada saluran cerna dan keracunan makanan
    • Hal ini disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, atau racun dari agen infeksi. Biasanya nyeri perut akibat hal ini disertai dengan mual, muntah, diare, kram, dan rasa melilit pada perut. Nyeri akan berkurang sementara setelah muntah atau buang air besar.
  • Alergi dan intoleransi makanan
    • Pada alergi makanan, dinding usus mengalami peradangan akibat reaksi alergi yang terjadi setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Sedangkan pada intolerasi makanan, sistem pencernaan tidak dapat mencerna makanan tertentu. Nyeri perut akibat kedua hal ini biasanya disertai mual, diare, dan kembung.
  • Penyumbatan pada usus
    • Adanya penyumbatan pada usus besar akan mengganggu pergerakan makanan yang telah dicerna dan feses. Penyumbatan ini dapat menyebabkan usus ada mengalami perlilitan atau terdorong keluar ke rongga sekitar selangkangan. Nyeri perut akibat penyumbatan pada usus biasanya disertai konstipasi atau diare, mual, perut terasa kencang dan penuh, juga muntah
  • Batu empedu atau peradangan pada kandung empedu
    • Nyeri perut akibat adanya batu empedu atau peradangan kandung empedu biasanya dirasakan pada perut bagian atas, dan dapat menjalar ke punggung dan bahu kanan.
  • Penyebab lain

Segeralah berkonsultasi dengan dokter umum agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dianggap perlu untuk menentukan penyebab nyeri perut Anda, untuk kemudian segera memulai terapi yang tepat.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.