Jarang tidur gerak aktif

Baby saya 4,5mo gerakannya aktif sekali sampai pernah jatuh dari atas tempat tidur. Setiap malam ia tidur namun sering bangun kemudian memutar mengguling gulingkan badan menghentakkan kaki berulang kali merengek tengkurap dan membalikkan badannya. Apakah itu normal? Mengapa tidak bisa nyenyak ya dok? Setiap malam saya terbangun untuk membetulkan posisinya. Oiya dia juga suka bersin atau batuk. Kebetulan ayahnya memang memiliki alergi terhadap udara dingin. Apakah mungkin itu menurun ke bayi? Terimakasih banyak

1 Jawaban Dokter

untuk bayi yang tidurnya aktif masih normal bu. yang penting tidak nangis-nangis malam dan tidak dapat tidur. kalau ibu kembalikan posisinya, bayi menjadi bangun tidak bu? kalau jadi bangun, baiknya ibu tidak perlu ubah posisinya bu. biarkan saja bu kecuali kalau hampir jatuh, ya dikembalikan posisinya.

kalau merengek tengkurap coba perhatikan mungkin perutnya kembung bu. kalau kembung bayi menjadi tidak nyaman dan berusaha cari posisi agar perutnya tidak sakit. ini bisa terjadi dan disebut sebagai kolik infantil. kalau memang kolik dan kembung, ibu perlu coba cari tau kemungkinan ada makanan yang ibu makan masuk ke ASI dan anak alergi. coba cari alerginya terhadap apa dan hilangkan.

batuk sekali2, bersin pada bayi adalah hal yg masih wajar bu.

alergi pada orang tua dapat menurun bu bakatnya, tetapi alergennya bisa berbeda bisa juga sama.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.