benjolan sedikit cepat membesar, rambut rontok secara tidak wajar, benjolan kerasa keras.

slamat malam dok, saya mempunyai benjolan pada payudara. sudah 3 bulan yang lalu saya menyadari adanya benjolan tersebut. awalnya benjolan hannya sekitar 2 cm tetapi sekarang sudah lebih dari 3 cm. awalnya saya tidak khawatir dengan benjolan itu. tetapi karna beberapa minggu ini saya mengalami sering sakit kepala dan kerontokan rabut saat menyisir rambu. rambut itu rontok hingga 1 genggam tangan setiap kali saya menyisir sambut saya. apakah kerontoan rambut itu berhubungan dengan benjolan pada payudara itu?. benjolan itu tidak sakit jika di tekan dan benjolan itu keras dok.

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Sobat dapat mencoba memeriksakan benjolan tersebut ke dokter. Benjolan pada payudara dapat bersifat jinak maupun ganas.
Benjolan yang jinak biasanya ditemukan pada wanita usia subur yang masih mengalami haid. Umumnya akan membesar dan mengecil sesuai siklus haid. Benjolan ini tidak berbahaya.
Sementara itu, benjolan pada payudara bisa juga bersifat ganas (dikenal juga sebagai kanker). Ukuran benjolan bisa saja berubah sesuai siklus haid. Bedanya, benjolan ganas biasanya tidak dapat digerakkan dan menyebabkan gejala tambahan lain (mis: kulit kasar, keluar cairan dari puting, payudara cekung ke dalam, dsb).
Untuk membedakan kedua hal tersebut, dokter akan melakukan tanya jawab dan pemeriksaan fisik. Diagnosis pasti biasanya didapatkan setelah dilakukan biopsi.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.