berat badan yg susah naik

anak perempuan saya berumur 9 bulan dengan BB 7,2 KG BB Lahir 3,1 Kg. saat umur 6 bulan saya memberi tambahan sufor nutrilon royal, ternyata anak saya alergi susu sapi. Terjadi kemerahan pada wajah saat dia meminum sufor. Penambahan Berat badannya juga mengalami kesulita, yang saya ingin tanyakan apakah ada hubungan alergi pada kenaikan berat badan, susu apa yang sebaiknya saya berikan agar nutrisi anak saya terpenuhi dan berat badannya naik.

1 Jawaban Dokter

alergi susu sapi akan berpengaruh dengan penambahan BB karena dengan adanya alergi jenis makanan yang diberikan juga terbatas bu.

untum anak dengan alergi susu sapi ibu boleh coba susu hipoalergenik dulu. bila alerginya masih muncul, berikan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

masalahnya susu sapi diatas rasanya pahit. jadi kalau baru mulai diusia ini mungkin yang masih bisa ditoleransi anak adalah susu soya.

selai itu makanan pendamping yang diberikan baiknya juga bebas susu sapi bu. jadi keju, coklat, ice cream, roti, biskuit, dll yang ada susu sapinya juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.