Anak selalu merengek kalau mau BAB

Anak saya umur 19 bulan ..
Sudah 1 bulan ini ketika mau BAB selalu merengek dan kelihatannya gak mau BAB dan dia tahan semampu dia untuk tidak BAB.
Saat keluar PUP nya normal, agak keras karna ditahan(mungkin).

Selebihnya dia ceria dan aktivitas normal seperti biasa.

Hal ini bermula ketika dia salah makan dan alergi yang membuat BAB cair selama beberapa hari. Saat itu memang kelihatan sakit perut sekali .. tapi itu berlangsung hanya 2-3 hari .. selebihnya BAB normal seperti biasa(anak jadi rewel sebelum BAB).

Yang mau saya tanyakan, anak saya kenapa ya?? di BAB nya tidak ditemukan darah atau sesuatu yg mencurigakan .. sama seperti BAB yang sebelum-sebelumnya hanya saja sebelum BAB dia rewel sekali.

1 Jawaban Dokter

Staff 22/12/2017
Public

Selamat pagi.
Keluhan yang dialami oleh anak dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti misalnya rasa tidak nyaman karena harus mengedan, kembung, nyeri perut, iritasi pada anus akibat diare sebelumnya, dll.
Untuk membantu anak BAB tanpa harus mengedan terlalu kuat, Ibu dapat mencoba melakukan hal berikut:

  • perbanyak asupan serat harian anak dari buah (pepaya, plum, jambu biji, mangga, kiwi, pir, strawberry), kacang-kacangan (buncis, kedelai, kacang merah, edamame), sayur (brokoli, wortel, bayam), susu dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju
  • berikan cairan lebih banyak daripada biasanya
  • biasakan anak untuk buang air besar secara teratur misalnya satu kali sehari pada pagi hari
  • keinginan buang air besar dapat dipicu dengan:
    • memberikan segelas air putih pada pagi hari segera setelah bangun tidur
    • memandikan anak dengan air hangat agar ia lebih rileks dan saluran pencernaan lebih mudah mengeluarkan feses
    • baringkan bayi lalu gerakan kedua kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda
    • lakukan pijatan lembut pada perut dengan gerakan searah jarum jam untuk merangsang gerakan usus besar. Oleskan minyak telon atau baby oil dari arah kanan bawah ke kanan atas dilanjutkan ke kiri atas lalu kiri bawah, secara rutin 15 kali sehari.

Jika keluhan belum juga membaik, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan pemeriksaan langsung agar penyebab keluhan dapat diketahui dan ditangani dengan tepat.
Semoga dapat membantu.

#1
  1. terima kasih atas penjelasannya :)
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.